Apa itu OVA ? OAV, OAD, dan ONA, Berikut Penjelasannya

Pengertian OVA, OAV, OAD dan ONA

Bagi kamu yang penggemar anime aktif, dan mengikuti jadwal tayang anime setiap musim pasti pernah dong kalian melihat tulisan OVA di judul anime tersebut, atau gak di kategori situs anime yang kamu buka. Sebenernya apasih yang di maksud dengan OVA itu sendiri.

Lalu ada juga nih kependekan lainnya kayak ONA, OAD, dan OAV yang sekilas kata-kata ini sangatlah mirip, cuman di bolak balik aja antara OVA, OAV, ONA, OAD. Lantas apa aja sih arti dari setiap kata itu sendiri. Yuk simak artikelnya berikut ini.

Berikut Pengertian OVA, ONA, OAD dan OAV Yang Perlu Kamu Ketahui.

Sebenernya kata OVA dan kawannya itu muncul berdasarkan jalur distribusi sebuah anime, lho. Namun karena di negara kita Indonesia, biasanya cuman menonton hasil tayangan streaming atau download dari internet. Jadi perbedaan-perbedaan kata ini tidak terlalu terasa.

Pengertian Dari OVA

OVA adalah Original Video Animation, yang dimana anime dengan kategori OVA biasanya dirilis dalam bentuk fisik seperti kaset VHS, Betamax, CD, DVD, HD-DVD, Blu-ray. Tanpa tayang di TV ataupun di layar lebar terlebih dahulu.

Dan karena tidak harus tayang di TV yang mempunyai jadwal penyiaran yang ketat, anime dengan kategori OVA biasanya mempunyai animasi yang lebih bagus, karena gak memakan anggaran yang besar.

Dan hal lain yang membedakan antara OVA dengan anime adaptasi novel, maupun manga biasanya anime ova akan mempunyai cerita baru. entah itu prekuel, sekuel, cerita sampingan untuk karakter lain, spin-off, atau parodi dari serial aslinya.

Pengertian Dari OAV

OAV adalah Original Animation Video dimana anime dengan kategori OAV sama halnya dengan OVA yakni dirilis dalam bentuk fisik seperti kaset VHS, Betamax, CD, DVD, HD-DVD, Blu-ray. Tanpa tayang di TV ataupun di layar lebar terlebih dahulu.

Pada dasarnya kata OAV lebih dulu di gunakan di banding dengan OVA namun karena sering membuat salah paham, seperti original adult video/video dewasa, dan A/V (audio/video) akhirnya digunakan lah kata OVA yang gak bikin bingung.

Pengertian ONA

ONA adalah Original Net Animation, anime dengan kategori ONA biasanya langsung di edarkan di internet tanpa harus tayang di Televisi maupun Layar Lebar terlebih dahulu.

ONA juga sering disebut sebagai Anime Web yah karena langsung beredar di internet, nah kata ONA pertama kali dipakai oleh Lingerie Fighter Papillon Rose konsep parodi  mahou shoujo yang kemudian keluar jadi anime betulan di tahun 2003.

Pengertian Dari OAD

OAD adalah Original Animation DVD dimana anime dengan kategori OAD rilis berbentuk fisik piringan DVD, walaupun masih termasuk dalam OVA. OAD lebih spesifik karena hanya bisa di gunakan untuk DVD.

Penggunaan istilah OAD sendiri muncul pada pertengahan tahun 2008-an, melalui judul-judul Goku Sayonara Zetsubou SenseixxxHOLiC: Shunmuki, dan Tsubasa: Shunraiki yang diterbitkan oleh perusahaan Kodansha. 

Walaupun begitu, istilah OAD ini cukup jarang digunakan karena biasanya para penerbit lebih menggunakan OVA/OAV untuk menyebut anime ekstra yang dirilis dalam bentuk fisik.

Kesimpulan

Itulah Pengertian Dari OVA, ONA, OAD dan OAV, walaupun di negara kita sendiri sebutan kata istilah ini jarang di gunakan karena biasanya kita streaming/download anime. Gak ada salahnya kok untuk menambah wawasan terutama di dunia animanga dan jejepangan. Yee Wibu.